Sabtu, Februari 9

Babad Tanah Jawi, Sejarah Jawa Abad 2 - 16 M

Judul : Babad Tanah Jawi
Gubahan : L. Van Rijckevorsel dan R.D.S Hadiwidjana
Penerbit : J.B.Wolters UM Groningen Den Haag
Tahun : 1925

Review:
Babad Tanah Jawi adalah salah satu sumber yang ada untuk mengetahui sejarah tanah jawa. Hingga saat ini belum diketahui dengan jelas siapa sebenarnya yang menyusun dan menulis Babad Tanah Jawi. Diperkirakan babad ini ditulis pada sekitar abad 17 atau 18. Babad Tanah Jawi memiliki beberapa versi, dan yang ada di tangan kita sekarang ini adalah Babad Tanah Jawi versi yang digubah oleh L. Van Rijckevorsel (Direktur Normaalschool Muntilan) dan R.D.S Hadiwidjana (Guru Kweekschool Muntilan)
Babad Tanah Jawi berisi sejarah tanah jawa mulai dari masa Hindu (sekitar abad II atau III M) hingga masa keruntuhan Majapahit (Abad XVI M).
Meskipun tingkat validitas data karya ini masih berada di bawah Kitab Negarakertagama yang ditulis segera setelah peristiwa terjadi, tetap saja Babad Tanah Jawi merupakan salah satu sumber literatur yang utama untuk mengetahui sejarah tanah Jawa.




Artikel Terkait:

2 komentar:

Maz Darqi mengatakan...

buku babad tanah jawi kok ndak bisa d download gan,,,, mhon bantuannya..........mksh

iroel mengatakan...

makasih atas infonya, tapi tadi ketika tak coba masih bisa gan...memang link yang ada langsung membuka pdf, so downloadnya tinggal save saja..

Poskan Komentar

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons