Minggu, Oktober 13

Gandhi; Film tentang Perjalanan Hidup dan Perjuangan Gandhi



Gandhi (1982)
Directed by Richard Attenborough
Produced by Richard Attenborough
Screenplay by John Briley
Starring Ben Kingsley
Music by Ravi Shankar
George Fenton
Cinematography Billy Williams
Ronnie Taylor
Editing by John Bloom
Studio Goldcrest Films
Distributed by Columbia Pictures


Review:
Film ini merupakan sebuah film biografi dari salah seorang tokoh luar biasa yang pernah lahir di dunia, Mahatma Gandhi.
Film ini diawali dengan kedatangan Gandhi muda di Afrika Selatan sebagai seorang pengacara pada 1893. Mungkin di sinilah sebenarnya benih-benih nasionalisme India mulai tumbuh dan bersemi dalam jiwa Gandhi. Ketidak adilan yang terjadi di Afrika Selatan terhadap masyarakat kulit berwarna (termasuk masyarakat Hindustan di sana) menumbuhkan kesadaran baru dalam diri Gandhi akan kebutuhan untuk menentang segala bentuk ketidak adilan dengan cara baru, cara yang membuat pelaku ketidak adilan (dalam hal ini Kerajaan Inggris) merasa malu karena telah melakukan kesewenangan dan melanggar hukum yang ditetapkannya sendiri.
Setelah kembali ke India, Gandhi melanjutkan perjuangannya dengan tanpa menggunakan kekerasan, pendekatannya dan keyakinannya bahwa untuk memperjuangkan hak-hak rakyat terlebih dahulu seorang pemimpin harus ikut merasakan penderitaan dan kehidupan sebagaimana rakyat biasa, membuat Gandhi benar-benar menjadi tokoh sentral pergerakan kemerdekaan India.
Setelah India berhasil mendapatkan kemerdekaan dari Inggris, Gandhi pun tetap memegang teguh prinsip-prinsip hidupnya sehingga ia tidak mau memimpin India dan menyerahkan kepemimpinan India (sebagai negara merdeka) kepada salah seorang sahabat sekaligus pengagumnya Jawaharlal Nehru.
Gandhi akhirnya meninggal karena dibunuh oleh seorang penganut Hindhu fanatic pada saat hendak melaksanakan do'a di Delhi pada 1948.
Sebuah film yang di dalamnya banyak hal luar biasa yang dapat dipetik dari salah seorang tokoh luar biasa di dunia.


Nonton dan Download Gandhi (1982) via Youtube:





Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons