Minggu, November 4

Asbabun Nuzul untuk Zaman Kita

Judul : Asbabun Nuzul untuk Zaman Kita;  Kisah Nyata di Balik Turunnya Ayat-ayat Suci Al-Qur'an
Penulis : Fathi Fawzi Abd al-Mu'thi
Penerjemah : Dedi Slamet Riyadi
Penerbit : Zaman
Tahun : 2008

Review:
…….memuat kisah kehidupan tak kurang dari 160 orang, termasuk para sahabat dan istri Nabi…….
Apa yang terjadi saat Allah ingin menyapa hamba-Nya untuk menuntun mereka ke jalan yang benar ? Bagaimana kisah orang-orang tercela yang diperingatkan Allah agar mereka terhindar dari kehinaan dan kenistaan ? Seperti apa setik-detik turunnya wahyu kepada Rasulullsh saw ?
Al- Quran tidak turundi ruang hampa. Ayat-ayat suci ini hadir untuk merespons denyut kehidupan nyata masyarakat muslim awal. Gambaran berbagai peristiwa itu dikenal dengan Asbabun Nuzul-sebab turunnya ayat-ayat Al-Quran. Dengan asbabun Nuzul, teks tak terputus dari konteksnya. Befitu pemtingnya, literatur asbabun nuzul sudah berlimpah, klasik maupun modern.
Namun, di buku ini, rangkaian peristiwa itu disajikan dengan indah, lembut, dan renyah. Seluruh kisah dituturkandari sudut pandang pelaku setiap peristiwa, didukung oleh data-data historis dan riwayat yang dapat dipercaya, sehingga tersaji gambaran yang penuh warna.  Kendati kental dengan aspek politik, sejarah, geografi, dan keagamaan (kaidah syariat, akidah, dan fikih), rentetan kisah nyata ini tidak menjadi data sejarah yang kering dari pergulatan hidup generasi muslim pemula. Peembaca akan mendapatkan pengalaman dan rasa baru untuk memahami serta mencerna berbagai ayat Al-Quran yang selama ini mungkin ttelah kita kenal dan kita hafal.
Selain menyodorkan bahan berharga untuk memahami ayat suci secar kontekstual, buku ini tampil sebagai gambaran indah mengenai kehidupan yang layak dijadikan panutan dan cermin bagi semua umat manusia.

Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons