Rabu, Juli 11

Catatan Hati Seorang Istri

 
Saat cinta berpaling
Saat rumah tangga dalam prahara
Saat ujian demi ujianNya
Mengguncang jiwa
Kemana seorang istri harus mencari
Kekuatan agar hati terus bertasbih?

Buku ini nampaknya memang dipersembahkan khusus untuk para ibu, istri, atau calon istri. Beberapa kali saya hanya menaruh buku tersebut di lemari,tanpa sedikit ketertarikan untuk menyantap isinya. Hanya karena tidak ada buku bacaan lain, saytidak saya duga, buku ini bukan Cuma high recommended buat istri, calon istri atau para ibu. Tapi juga perempuan-perempuan di Indonesia!

Diawali dengan keinginan hati si penulis, Asma Nadia yang tidak hanya ingin meneropong ke dalam hati, namun juga mencoba memasuki bilik hati perempuan lain dengan menuliskan catatan atau cerita dari perjalanan kisah perempuan-perempuan menghadapi hidupnya.
Catatan 1 dituliskan tentang Pak Haris, seorang pemimpin sebuah penerbitan di Solo yang santun dan agak ceplas ceplos. Pembicaraan tentang poligami dimulainya dengan Penulis. Ia mengaku pernah tergoda dan sedikit lagi akan melakukan itu. Bahkan niat itu terjadi pada bulan suci Ramadhan. Namun ada suatu hal yang menyebabkannya membatalkan niatnya itu. Ia bertemu salah seorang teman. Ikhwan tersebut berkata begini, “Jika saya menikah lagi : Pertama, kebahagiaan dengan istri kedua belum tentu…karena tidak ada jaminan untuk itu. Apa yang di luar kelihatan bagus, dalamnya belum tentu. Hubungan sebelum pernikahan yang sepertinya indah, belum tentu akan terealisasi indah. Dan sudah banyak kejadian seperti itu.”
Bukan kah itu benar teman? Banyak pasangan ‘baru’ yang pada awalnya merasa sangat kasmaran rela mengikrarkan pernikahan mereka sebagai pernikahan yang ke-sekian kali karena kesenangan yang mereka rasakan sebelum menikah. Dan ternyata kesenangan tersebut tidak lama mereka rasakan.
Kemudian ikhwan tersebut melanjutkan. “yang kedua?” dia termenung kemudian melanjutkan. “sementara luka hati istri pertama sudah pasti, dan itu akan abadi.”
Saya terhentak ketika membaca alas an kedua itu. Jika saja semua laki-laki menyadari akan hal tersebut. Pasti tidak aka nada kesakithatian dari para istri.
Di buku ini juga tidak hanya menyajikan masalah seputar poligami walaupun poligami memang mendominasi. Buku ini menyajikan sekitar 25 judul catatan hati dan saya rasa wajib dibaca tidak hanya para istri, namun  juga perempuan dan lelaki yang ingin mengerti arti dari pernikahan yang abadi.
 

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons