Rabu, Juli 11

Mahkota Cinta


 

Judul buku : Mahkota Cinta
Penulis : Habiburrahman El Shirazy
Penerbit : Republika
Tahun : 2008

Ketika membaca buku ini, saya sangat surprise dengan keberanian penulis untuk pemilihan setting latar dan subjek cerita.
Memang, tema besarnya masihlah tentang cinta dengan balutan religi. Namun, pemilihan seting latar Malaysia dan TKW (Tenaga Kerja Wanita) sebagai subjek cerita sangat patut diacungi jempol.

TKW dengan kompleksitas masalahnya selama ini jarang tersentuh oleh dunia pena. TKW dalam buku ini benar-benar mendapat apresiasi. Sebuah hal yang selama ini tidak pernah mereka dapatkan sebelumnya.

Terlepas dari keunikan diatas, cerita dalam mini novel ini sangatlah menarik. bahkan kalau boleh memilih diantara sekian banyak karya Habiburahman. Saya akan dengan mantap memilih mini novel ini sebagai masterpiece beliau.


Kenapa terbaik? dikarenakan hampir semua karya beliau alur ceritanya tidaklah jauh berbeda dan (maaf) mudah ditebak. Akhirnya, bagi saya pemilihan karakter tokoh dan latar belakang sosial budaya jauh lebih menarik untuk dicerrmati.


Kehidupan TKW jauh lebih membumi dan bebas dari eksklusifitas intelektual. Jadi bukan hanya kaum terdidik yang bisa menikmati buku ini, kaum 'proletar'pun dipersilahkan... 
 
 

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons