Jumat, Oktober 12

Abu Bakar ash Shiddiq

Judul  : Abu Bakar ash Shiddiq
Penulis : Muhammad Husain Haikal
Review:
Penulisan sejarah kehidupan Abu Bakar telah banyak dilakukan oleh pakar sejarah terdahulu. Tetapi ada suatu perbedaan antara karya mereka dengan karya Muhammad Husain Haikal. Penulisan para sejarawan terdahulu biasanya memfokuskan penceritaan peristiwa dengan berpegang pada sumber-sumber yang valid; namun Husain Haikal di samping menggunakan metode observasi referensi, juga memberi nuansa sehingga terasa hidup dan aktual.

Peran Abu Bakar dalam satu fragmen sejarah sangatlah menentukan. Sebab saat-saat itulah sejarah memasuki masa transisi dari kepemimpinan seorang rasul ke tangan manusia biasa. Di sinilah letak spesifikasi Abu Bakar yang tak bisa disamai oleh pemeran sejarah lainnya.

Dengan ciri khasnya yang cerdas dan berkepribadian lembut, Abu Bakar menjadi “aktor” paling tepat menghadapi periode kepemimpinan umat sepeninggal Rasulullah. Periode ini sungguh sangat sulit dan rumit. Tetapi tampaknya isyarat “pengkaderan” dirinya sebagai Khalîfatur-rasûlillâh telah dipersiapkan oleh zaman sejak awal. Peran-perannya sebagai imam shalat menggantikan tugas Rasulullah, penyerta hijrah Nabi dan pendamping setia sepak terjang Rasulullah, merupakan “ayat-ayat” akan perannya sebagai Khalîfatur-rasûlillâh.
Buku ini amat bermanfat untuk studi, pustaka, dan bahan kajian. Semoga menambah pemantapan khazanah pengetahuan kita.

 Sumber : Abu Bakar ash Shiddiq - Muhammad Husain Haekal

Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons