Minggu, Oktober 28

Candi Murca, Ken Arok Hantu Padang Karautan


 
Judul : Candi Murca, Ken Arok Hantu Padang Karautan
Penulis : Langit Kresna Hariadi
Penerbit : Tiga Serangkai
Tahun : 2007

Review
Awalnya, saya agak ragu melakukan review Novel ini. Pasalnya saya tidak yakin apakah Candi Murca termasuk genre Fiksi/ Fantasy atau Genre Silat/ Sejarah/ Misteri. Akhirnya, sambil masih menyimpan rasa bingung, saya putuskan untuk menganggap Candi Murca bergenre fantasy dengan pertimbangan alternate reality yang Pengarang ciptakan, mulai dari situasi Malang/ Surabaya tahun 2011 Masehi, sampai kondisi Jawa pra-Singasari tahun Saka 1130 yang tentunya merupakan sebuah dunia rekaan sang pengarang. Kuharap it's enough.

Candi Murca, dikatakan merupakan sebuah perpaduan antara Novel Misteri dan Novel Silat. Kali ini pengarang memilih tokoh sejarah Ken Arok, raja pertama Singasari untuk diangkat dalam novel. Setting waktu mengambil alternasi antara tahun Masehi 2011 (masa kini lewat dikit) dan tahun Saka 1136, yang dikatakan berselang 800 tahun. Kemudian konsep adanya sebuah candi raksasa yang 'hilang' (Murca) dengan ukuran melebihi Borobudur, kayaknya wow-factor yang sangat menjual banget! Konsep misteri new-age ini sama uniknya dengan konsep Altantis di Nusantara yang dinovelkan oleh ES ITO di novel Negara Kelima

Melihat halaman sampul buku ini, ingatan langsung tertambat pada serial Gajah Mada. Ada kesamaan gaya desain sampulnya yang unmistakable sebagai "Bukunya Langit KH, neh". Dengan pilihan warna gelap dan grafis komputer yang 'khas', mau gak mau saya langsung lekat ke 'branding' beliau. Mungkin itu juga merupakan satu kelebihan yang jarang dimiliki pengarang kita sekarang ini. Konsistensi desain sampul tampaknya merupakan alat branding yang cukup efektif. Apalagi antara Gajah Mada dan Candi Murca juga bermain pada genre yang kurang lebih sejenis.


Artikel Terkait:

0 komentar:

Poskan Komentar

TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInRSS FeedEmail

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost Coupons